penghijauan

10.07 Posted In Edit This 0 Comments »

Sukses, Penghijauan di Pantai Gua Cemara

Pantai Gua Cemara yang terletak di Dusun Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta menjadi salah satu objek wisata menarik berkat program penghijauan yang dilakukan warga setempat sejak awal 2011.

Awalnya, pantai ini terkenal dengan daerah yang kering dan gersang karena tidak ada satu tanaman pun yang berhasil hidup di sana. Namun, sejak program penghijauan digalakkan, pantai ini menjadi lebih hidup dan asri. Program penghijauan dilakukan warga dengan menanam pohon cemara di lahan seluas 20 hektare dan pohon akasia seluas 20 hektare di pesisir pantai.
Ketua Kelompok Tani Dusun Patihan, Sumartono mengatakan, “Sejak Pantai Gua Cemara dihijaukan, lahan pertanian tumbuh subur.” Ia juga menambahkan pantai kini memiliki penghalang tiupan angin laut yang mengandung garam. “Fungsinya melindungi tanaman palawija dan hortikultura yang ada di utara pantai,” katanya. Nantinya, seluruh kawasan pantai ini akan ditanami berbaga tanaman baru agar tidak ada lahan yang kosong.
 
Ditinjau dari bidang pariwisata, sejak pantai ini dihijaukan wisatawan mulai banyak berdatangan. Namun, jumlahnya memang belum banyak karena pantai ini baru saja dibuka untuk umum. Bahkan beberapa  pengunjung baru mengatakan, jalan menuju pantai ini masih susah karena sempit dan petunjuk jalan ke sana masih kurang memadai.  

Di Pantai Gua Cemara, wisawatan tak  hanya menikmati keindahan pantai dan pohon cemaranya. Wisatawan juga bisa menginap di alam, di bawah rindangnya pohon cemara.
 
Secara ekonomi pun, warga juga bisa mencari penghasilan dengan menjual makanan dan minuman di pantai. Sayangnya jumlah  penjual makanan dan minuman belum banyak hingga saat ini, paling-paling sekitar tiga atau empat penjual saja.
 
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul, Susanto menargetkan pada 2012 mendatang pantai Samas yang berada di sebelah timur pantai Patihan Goa Cemara akan dihijaukan . Pantai Samas sengaja menjadi target penghijauan karena belum banyak ditanami pohon. Untuk realisasi program penghijauan, katanya,  sudah ada dana pemerintah  sebesar Rp50 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah

0 komentar: